portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Deklarasikan Diri di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran secara Resmi

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Deklarasikan Diri di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran secara Resmi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah mengumumkan bahwa mereka akan tetap diluar pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan datang. Mereka berencana untuk mengontrol pemerintahan tersebut.

Dalam acara Halal Bihalal dan pembubaran TPN Ganjar-Mahfud di Jakarta, Senin (6/5/2024), Ganjar Pranowo dengan tegas menyatakan bahwa dia tidak akan menjadi bagian dari pemerintahan tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa mereka akan mengawasi pemerintahan dengan cara yang tepat.

Ganjar menjelaskan bahwa salah satu cara yang tepat untuk mengawasi adalah melalui jalur di DPR RI.

“Saya menyatakan, pertama, saya tidak akan bergabung di dalam pemerintahan ini, tetapi saya sangat menghormati pemerintahan ini, dan kami akan mengawasi dengan cara yang benar,” kata Ganjar di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024), seperti dilansir dari Pojok Satu.

Menurutnya, memberikan kritik melalui DPR adalah cara yang efektif untuk mengontrol pemerintahan.

“Karena cara terbaik untuk mengkritik adalah melalui jalur yang tepat, apa itu? Jalur parlemen. Itulah cara terbaik bagi kita untuk melakukan tindakan-tindakan yang tepat untuk mengontrol,” ujar mantan Gubernur Jawa Tengah ini.

Sementara itu, Mahfud MD memilih untuk fokus memperkuat gerakan masyarakat sipil atau civil society dan kembali ke dunia kampus.

Mahfud menyatakan bahwa ia sedang melakukan konsolidasi untuk masyarakat sipil yang pernah aktif dalam membangun demokrasi. Selain itu, ia juga ingin kembali ke kampus untuk menyempurnakan cara berhukum.