portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Dana Hibah Partai Politik (Parpol) sebesar Rp 3 Miliar untuk Pemilu 2024 di Makassar, dengan besaran Rp 5 Ribu per Suara.

Dana Hibah Partai Politik (Parpol) sebesar Rp 3 Miliar untuk Pemilu 2024 di Makassar, dengan besaran Rp 5 Ribu per Suara.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dana hibah bantuan keuangan Partai Politik (Parpol) dinaikkan. Dari semula Rp1.800 per suara menjadi Rp5.000 per suara.

Jika ditotalkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal mengucurkan dana sekitar Rp3 miliar. Itu untuk 11 partai yang lolos di DPRD Makassar.

“Sekitar 3 miliaran, Rp5 ribu per suara sah. Untuk 8 bulan ini kita masih berhitung dari hasil pemilu 2019,” kata Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol), Amrun Mandasini saat ditemui di Balai Kota Makassar, Jumat (26/4/2024).

“NasDem paling banyak dapat dana hibahnya,” tambahnya.

Ia menjelaskan, proses pencairan dimulai dengan verifikasi oleh Kesbangpol, kemudian bagian hukum, lalu KPU, BPKD dan Inspektorat. Terakhir oleh bagian keuangan.

Ia mengatakan pihaknya mengupayakan pencairan dilakukan sebelum tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkdada) 2024 berjalan. Namun hal tersebut, kata dia bergantung pada kelengkapan dokumen Parpol.

“Tergantung parpol, kita hanya menunggu siapa yang dokumen yang selesai dan lengkap, partai yang lengkap itu yang kita cairkan duluan. Jadi biar satu kita akan cair akan tidak menunggu semua partai lengkap,” jelasnya.

“Peruntukan dana hibah itu diperuntukkan untuk pendidikan politik parpol,” sambungnya.

Sementara itu, Sekertaris DPD PKS Makassar Mohammad Anwar LO mengatakan sebenarnya usulan kenaikan anggarannya Rp7 ribu per suara. Itu, kata dia karena memang sudah lama belum ada kenaikan.

“Di DPRD sebenarnya kami minta usul itu Rp7 ribu per suaranya. Iya karena mengingat apa namanya selama ini memang Baru kali ini naik,” ujarnya.