portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Ganjar Mengusulkan Koruptor Harus Dipenjara di Nusakambangan, Tama Langkun: Bukti Komitmen Anti-Korupsi

Ganjar Mengusulkan Koruptor Harus Dipenjara di Nusakambangan, Tama Langkun: Bukti Komitmen Anti-Korupsi

FAJAR.CO.ID, CIREBON – Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengusulkan agar narapidana tindak pidana korupsi ditempatkan di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) jika terpilih menjadi presiden.

Hal ini disampaikan Ganjar saat berdialog dengan ribuan mahasiswa dalam Kuliah Kebangsaan di Convention Hall Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), pada Jumat (8/12/2023).

Ganjar awalnya memaparkan data Transparency International tahun 2022 yang menunjukkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia berada di urutan 110 dari 180 negara dengan skor 34.

Berdasarkan data tersebut, Ganjar menyatakan bahwa pemberantasan korupsi harus diperkuat melalui tindakan tegas dari pemimpin negara. Salah satunya adalah dengan menempatkan koruptor di Pulau Nusakambangan.

“Jadi, jika kita melihat kondisi ini, setuju tidak jika Nusakambangan merupakan tempat terbaik untuk menempatkan pejabat yang korupsi? Setuju tidak?” ujar Ganjar yang disambut positif dan antusias oleh para mahasiswa.

Lebih lanjut, Ganjar menambahkan bahwa ketika masyarakat sudah muak dengan tindakan koruptif para pejabat di negara ini, maka pimpinan negara harus turun tangan agar mereka tidak lagi melakukan perbuatan serupa.

Oleh karena itu, Ganjar memiliki misi untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) guna menciptakan pemerintahan yang bersih, bebas korupsi, dan berintegritas.

“Penguatan KPK, membuat KPK lebih independen, dan kita bawa pejabat koruptor ke Nusakambangan sehingga dia bisa memahami dan mengerti untuk tidak melakukan tindakan korupsi,” tuturnya.