portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

11 Panelis Mayoritas dari Kalangan Akademisi Akan Hadir dalam Debat Perdana Pilpres 2024

11 Panelis Mayoritas dari Kalangan Akademisi Akan Hadir dalam Debat Perdana Pilpres 2024

KPU Umumkan 11 Panelis Debat Capres-Cawapres Pertama, Ini Daftarnya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 11 panelis untuk debat pertama calon presiden dan wakil presiden yang rencananya akan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, pada Selasa (12/12/2023).

Menurut Komisioner KPU August Mellaz, panelis yang dipilih merupakan individu yang kompeten dalam bidangnya. Mayoritas panelis berasal dari kalangan akademisi perguruan tinggi negeri di Indonesia.

“Kami sudah mendapatkan konfirmasi mengenai panelis untuk debat pertama,” kata August di Kantor KPU pada hari Sabtu.

Daftar panelis yang terlibat antara lain Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM), Rudi Rohi (pakar ilmu politik Undana), Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Undip), dan Khairul Fahmi (pakar hukum Unand).

Juga terdapat Agus Riewanto (pakar hukum tata negara UNS), Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara Unpad), Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Universitas Jember).

Sementara itu, Ketua Komnas HAM periode 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik juga diangkat sebagai panelis, bersama Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Wawan Mas’udi (Dekan Fisipol UGM).

Menurut August Melasz, seluruh panelis akan menjalani karantina mulai Minggu (10/12) hingga hari debat di Jakarta. Mereka akan berperan dalam merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan dalam debat tersebut.

KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.