portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

KPU Menetapkan Lima Tema untuk Debat Capres-Cawapres

KPU Menetapkan Lima Tema untuk Debat Capres-Cawapres

KPU Menetapkan Tema Debat Capres-cawapres Pilpres 2024

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menentukan tema debat capres-cawapres di pilpres 2024. Diketahui, debat capres/cawapres akan berlangsung hingga lima kali yang dimulai Desember 2023 dan berakhir Februari 2024.

Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Kholik mengungkapkan, pemilihan tema debat capres sudah melalui proses diskusi KPU bersama tim kampanye capres-cawapres di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (29/11).

Adapun debat pertama di Kantor KPU pada (12/12/2023), temanya mengenai hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Selanjutnya, untuk debat kedua yang dijadwalkan dilaksanakan pada (22/12/2023) akan mengangkat tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Untuk debat ketiga pada tanggal (7/1/2024) adalah ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Kemudian, untuk tema pada debat keempat yang bergulir pada (21/1/2024), meliputi topik energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Debat terakhir yang akan berlangsung pada (4/2/2024), tema debat yang diusung adalah mengenai teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Tema debat tersebut disusun berdasar pada visi nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).