portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Wawancara dengan Pemuda Bandung, Anies Baswedan: Mengapa Kebebasan Berbicara Penting Bagi Indonesia

Wawancara dengan Pemuda Bandung, Anies Baswedan: Mengapa Kebebasan Berbicara Penting Bagi Indonesia

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Kampanye calon presiden nomor urut 1 dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan diwarnai momen lucu dan interaktif. Kejadian tersebut terjadi saat melakukan kampanye di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Hal itu terjadi saat Anies Baswedan menghadiri acara Desak Anies yang diselenggarakan oleh anak-anak muda di Bandung. Di acara tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat meminta seorang pemuda yang bertanya kepada salah satu Co-captain Timnas AMIN, Leontinus Apha Edison, untuk menyebut nama calon wakil presiden yang menjawab untuk menjadi pengusaha saat ditanya soal lapangan pekerjaan.

Calon wakil presiden yang dimaksud adalah Gibran Rakabuming Raka. Dia menjawab pertanyaan dari salah seorang perempuan lulusan S2 yang kesulitan mencari kerja di Indonesia. Video itu menjadi viral setelah di unggah oleh akun TikTok @nostalgia_5tahun.

Pada awalnya, seorang mahasiswa yang baru lulus bernama Hafis bertanya dalam acara Desak Anies. Namun, alih-alih bertanya kepada Anies, ia meminta untuk langsung berhadapan dengan Leon.

“Sebenarnya pertanyaan ini saya mohon izin mau bertanya ke salah satu anggota timnas bapak yang saya lihat tadi ada Mas Leon di sini. Beliau juga idola saya di kampus. Jadi boleh, pak?” tanyanya saat berhadapan dengan Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mempersilakan dan meminta Leon yang merupakan co-founder Tokopedia tersebut untuk naik ke atas panggung dan langsung mendengar pertanyaan Hafis.

Saat bertanya itulah mahasiswa lulusan manajemen bisnis itu menyinggung jawaban Gibran soal lapangan pekerjaan.

“Jadi gitu, Mas Leon. Beberapa waktu lalu saya sempat scroll TikTok dan melihat salah satu calon wakil presiden ditanya oleh mahasiswa S2 tentang isu lapangan pekerjaan di Indonesia, dan jawabannya adalah, ‘Ya udah jadi pengusaha aja’. Gitu,” ujar Hafis yang membuat forum cengengesan, termasuk Anies dan Leon.