portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

KPU Merencanakan Debat Capres di 5 Kota, Makassar Termasuk Salah Satunya

KPU Merencanakan Debat Capres di 5 Kota, Makassar Termasuk Salah Satunya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat capres-cawapres selama lima kali. Kota Makassar layak menjadi salah satu lokus debat.

Empat hari lagi, masa kampanye sudah di mulai, pada 28 November 2023. Salah satu item kampaye adalah debat capres-cawapres. Berdasarkan keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu), debat dilaksanakan selama lima kali. Waktu dan tempat belum ditentukan.

Namun, KPU menyebut kemungkinanannya akan mulai dihelat pada pertengahan Desember. Debat tersebut dilaksanakan dilokasi yang berbeda.

“Kami punya rencana nanti satu di Jakarta, yang empat kalau bisa di luar Jakarta biar diputar mulai dari ujung Indonesia, Barat, Tengah,” ujar Komisioner KPU RI, August Mellaz, kemarin.

Nah, Kota Makassar diharapkan menjadi salah satu titik yang dipilih menjadi debat tersebut. Makassar dinilai pantas sebagai representasi Indonesia Timur.

Analis politik Unismuh Makassar A Luhur Prianto, mengatakan sebaiknya debat capres-cawapres ini memperhitungkan representasi wilayah.

Menurutnya, penyelenggaraan debat yang merata di setiap simpul-simpul wilayah Indonesia bisa meretas kesenjangan dan bias informasi serta pemerataan rasa keadilan.

“Karena lima kali debat diadakan, maka sebaiknya didustribusi ke masing-masing ke representasi wilayah di lima pulau terbesar di Indonesia,” saran Luhur.

Pelaksanaan model debat seperti itu memungkinkan akomodasi kepentingan lokal bisa terwujud. Sehingga mengeliminasi perspektif Jakarta atau Jawa sentris.