portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Hasil Survei Polling Institute Menunjukkan Keunggulan Prabowo-Gibran, Diikuti AMIN dan Ganjar-Mahfud

Hasil Survei Polling Institute Menunjukkan Keunggulan Prabowo-Gibran, Diikuti AMIN dan Ganjar-Mahfud

Survei tentang elektabilitas pasangan capres-cawapres dalam pilpres 2024 semakin banyak bermunculan. Apalagi, proses pemungutan suara untuk menentukan presiden lima tahun ke depan semakin mendekati hari H.

Survei terbaru dirilis oleh Polling Institute. Peneliti dari lembaga tersebut, Kennedy Muslim mengatakan bahwa riset terbaru mencatat bahwa elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming semakin menguat.

Menurut Kennedy, jika pilpres dilaksanakan saat ini, hasilnya menunjukkan bahwa 43,2 persen memilih Prabowo-Gibran. Selanjutnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan terakhir Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Pada simulasi 3 pasangan, terlihat bahwa Prabowo-Gibran mengalami kenaikan dibandingkan dengan awal Oktober menjadi 43,2 persen. Begitu juga dengan Anies-Muhaimin yang mencapai 24,3 persen, sementara Ganjar-Mahfud mengalami penurunan menjadi 24,1 persen,” ujar Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Dinamika Elektoral Terkini: Mungkinkah Pilpres 2024 Satu Putaran?’ secara virtual, Kamis (23/11).

Kennedy juga mengungkapkan bahwa menurut catatan Polling Institute pada bulan November 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan bulan Oktober. “Karena pada akhir Oktober elektabilitas Prabowo-Gibran berada di angka 36,2 persen,” katanya.

Selanjutnya, Kennedy menyebut bahwa di pertengahan November, terjadi kenaikan menjadi 43,2 persen. Kemudian, Anies-Muhaimin juga mengalami kenaikan. Jika pada Oktober elektabilitasnya berada di angka 20,2 persen, kini menjadi 24,3 persen.