portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Siapakah Figur Golkar yang Paling Kuat di Pilgub Sulsel?

Siapakah Figur Golkar yang Paling Kuat di Pilgub Sulsel?

Empat kader Partai Golkar Berebut Tiket Capres 2024

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Empat kader Partai Golkar akan berebut tiket pada pilpres 2024 mendatang.

Hal itu berdasarkan surat nomor Sund-308/GOLKAR/XI/2023 tertanggal 16 November ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Sekretaris Jenderal Lodewuk F Paulus.

Dalam lampiran surat tersebut ada empat nama yang akan diusung diantaranya Mantan Wali Kota Pare-pare Taufan Pawe (TP), Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Luwu Utara Indah Indriani Putri (IDP) dan Mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

Taufan Pawe yang juga merupakan Ketua Golkar Sulsel itu tak bisa disepelekan. Dia telah membuktikan kepemimpinannya selama menjadi Wali Kota Pare-pare selama dua periode.

Pada pleno rekapitulasi perhitungan suara dan penetapan hasil Pilgub Sulsel dan Pilkada di KPU Parepare, Rabu, 4 Juli 2018, TP meraih total suara 39.966 (51,2 persen), sementara paslon 2, Faisal A Sapada-Asriady Samad (FAS) 38.108 suara (48,8 persen). Selisih 1.858 suara (2,38 persen).

Jumlah suara sah sebanyak 78.074 dan jumlah suara tidak sah 845.

Saat ini, Taufan Pawe juga maju sebagai caleg DPR RI melalui daerah pemilihan Sulsel 2 yang meliputi Barru, Bulukumba, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai Soppeng, Wajo dan Parepare.

Salah satu legitimasi Taufan Pawe yang akan sangat dikenang adalah Stadion Bj Habibie.

Namun, perjalanan Taufan Pawe untuk mendapat tiket capres sepertinya tidak mudah. Dengan beberapa kader Golkar lainnya yang juga memiliki elektabilitas yang cukup tinggi.