portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Nurdin Halid Mengibaratkan Pertandingan Sepak Bola dengan Gol Tangan Tuhan, Diego Maradona Bereaksi terhadap Keputusan Mahkamah Konstitusi

Nurdin Halid Mengibaratkan Pertandingan Sepak Bola dengan Gol Tangan Tuhan, Diego Maradona Bereaksi terhadap Keputusan Mahkamah Konstitusi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Nurdin Halid, menanggapi putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) terhadap Anwar Usman.

Ketua Umum PSSI periode 2003—2011 ini menyamakan keputusan tersebut dengan “Gol Tangan Tuhan” Diego Maradona pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Nurdin Halid menilai di dalam negara demokrasi, politik dan hukum itu berjalan paralel, demokrasi akan baik, objektif, dan sehat, kredibel, ketika penegakan hukum itu bisa berjalan dengan berkualitas.

Sebagai pecinta sepak bola, ia menyamakan hal ini dengan sebuah pertandingan sepak bola.

“Regulasi dibuat oleh PSSI berdasarkan rule of the game FIFA,” ungkapnya dalam Talkshow SATU MEJA di Kanal YouTube KOMPAS.TV dilihat FAJAR.CO.ID, Jumat (10/11/2023).

Dia menjelaskan, penegakan aturan di lapangan sepak bola itu ada di tangan wasit, komisi disiplin, dan komisi banding.

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, kata Nurdin Halid, tercipta sebuah gol, tetapi setelah pertandingan, diketahui ada pemain yang offside. Protes pun dilakukan ke komisi disiplin, kemudian komisi disiplin mengambil langkah untuk mengadili dan memberikan hukuman terhadap wasit, tetapi tidak dapat membatalkan gol dalam pertandingan itu.

“Ketika sebuah pertandingan berjalan, terjadi sebuah gol dan disahkan oleh wasit. Ini tidak terbantahkan dan tidak ada yang bisa menganulir, sekalipun sesudah pertandingan, semua penonton melihat ada seorang pemain yang satu meter offside, maka dilakukanlah protes kepada komisi disipilin. Komisi disiplin mengadili, kemudian menghukum wasitnya, tapi tidak membatalkan gol,” urainya.