portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Warga Tidak Akan Mengalami Masalah Kesulitan Air Bersih Karena AMIN Menang

Warga Tidak Akan Mengalami Masalah Kesulitan Air Bersih Karena AMIN Menang

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan menghadiri Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI di Makassar, Minggu (5/11).

Pada acara tersebut dirinya berkesempatan memaparkan visi dan misinya maju di Pilpres 2024.

Di hadapan para peserta Silaknas ICMI, Anies memulai dengan menjelaskan ketimpangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia. Menurutnya, ketimpangan tersebut terus berada di wilayah Indonesia bagian Barat.

“Ketimpangan yang ada itu bukan hanya masalah angka statistik, tetapi juga berbeda dalam masa depannya,” ujarnya, dalam acara yang berlangsung di Hotel Four Point, Makassar.

Anies menjelaskan bahwa berdasarkan data Kompas dan Badan Pusat Statistik, ketimpangan ini dapat dilihat dalam periode tahun 2013 hingga 2022 atau IPM antar Kawasan Terpaut Satu Dekade. Angka-angka ini menunjukkan perbedaan yang signifikan.

“Untuk kawasan Sumatera dan Jawa, angkanya meningkat dari 69,83 menjadi 74,19 sejak tahun 2013 hingga 2022. Sedangkan untuk wilayah Timur, Kalimantan, Bali & Nusra, Sulawesi, Maluku & Papua, angkanya meningkat dari 64,81 menjadi 69,47. Pertanyaannya, apakah ini akan terus berlanjut?” katanya.

Pada acara tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga merespons pertanyaan dari peserta. Setelah acara selesai, ia turun langsung membagikan air bersih kepada warga di Makassar bersama dengan relawannya.

Pembagian air bersih dilakukan di Jalan Galangan Kapal Makassar, Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, pada sore hari sebelum Anies kembali ke Jakarta.