portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Anies Baswedan Tersenyum Semangat Menghadapi Aspirasi Perubahan yang Tumbuh di Solo

Anies Baswedan Tersenyum Semangat Menghadapi Aspirasi Perubahan yang Tumbuh di Solo

FAJAR.CO.ID, JATENG — Calon Wakil Presiden Anies Baswedan optimis bahwa aspirasi perubahan semakin kuat, termasuk di Kota Solo, Jawa Tengah.

“Saya ingin berterima kasih kepada para relawan yang telah bekerja selama lebih dari satu tahun. Kami yakin bahwa aspirasi perubahan semakin kuat di Solo,” kata Anies Baswedan saat menghadiri deklarasi dan orasi kebangsaan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Mengenai hal itu, Anies Baswedan menyatakan bahwa mereka harus bekerja keras untuk meraih kemenangan. Di sisi lain, ia berharap proses demokrasi berjalan dengan baik.

“Seluruh aparat negara harus bersikap netral. Masyarakat harus bebas mengungkapkan aspirasinya, pertemuan harus bebas intimidasi, kegiatan harus bebas pelarangan, aktivitas perkumpulan tidak boleh dibatasi, dan saat pemungutan suara tidak boleh ada intimidasi dan suasana harus bebas,” katanya.

Terkait dengan kondisi di Solo Raya yang dianggap basis massa partai tertentu, Anies Baswedan mengatakan bahwa kondisi di setiap wilayah berbeda.

“Setiap kabupaten memiliki kondisi yang berbeda. Kegiatan di Kabupaten A mungkin basisnya adalah partai PDIP, tetapi kemudian di kabupaten lain, partai PKB yang menang, dan di kabupaten lain lagi partai Golkar yang menang. Jadi, walaupun terlihat seperti satu partai di wilayah Solo Raya, sebenarnya setiap kabupaten memiliki kondisi yang berbeda,” kata Anies Baswedan.

Pada kesempatan tersebut, Anies Baswedan juga mengajukan pertanyaan kepada publik apakah mereka merasa nyaman dengan kondisi saat ini. Jika tidak, ia menawarkan perubahan.