portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

12,5 Persen Kemiskinan Terlokasi di Daerah Pesisir, Ganjar Pranowo Meminta Kita untuk Bersama-Sama dan Mengakui Kesalahan

12,5 Persen Kemiskinan Terlokasi di Daerah Pesisir, Ganjar Pranowo Meminta Kita untuk Bersama-Sama dan Mengakui Kesalahan

Ganjar Pranowo, calon presiden, menjadi pembicara dalam Silaturahmi Kerja Nasional Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) se-Indonesia tahun 2023. Ganjar memaparkan materi dengan tema “Membangun Indonesia Unggul dari Timur” di Hotel Four Points Makassar pada Sabtu (4/11/2023).

Dalam pemaparannya, Gubernur Jawa Tengah tersebut membahas tentang Blue Economy – Fishing. Blue Economy atau ekonomi biru adalah upaya pembangunan berkelanjutan yang berfokus pada laut. Ganjar menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat 20 dari 153 negara dalam hal penangkapan ikan ilegal atau Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing (IUU Fishing), padahal sebagian besar wilayah Indonesia adalah laut. Menurutnya, ini adalah masa depan yang penting.

Ganjar juga menyebutkan bahwa 12,5% kemiskinan terjadi di wilayah pesisir, dan salah satunya terdapat di Kabupaten Bantaeng, Sulsel. Dia mengajak untuk mengakui dan bertobat bersama atas hal ini, tanpa perlu berdebat. Ganjar juga memperkenalkan Kredit Macet Nelayan Non Performing Loan, dimana sekitar 8,25% dari nelayan yang mendapatkan kredit mengalami kredit macet dengan jumlah sekitar 186M.

Ganjar menegaskan pentingnya skill atau keterampilan bagi para nelayan dalam melakukan aktivitas melaut yang baik. Dia menyebut bahwa skill ini harus dipersiapkan agar nelayan dapat bekerja dengan baik tanpa dikendalikan oleh tengkulak. Dengan skill ini, mereka dapat menjadi nelayan yang hebat dan kuat.