portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Masih Terdapat Keraguan Dukungan Jokowi di Pilpres 2024 Meskipun Anaknya Maju sebagai Cawapres

Masih Terdapat Keraguan Dukungan Jokowi di Pilpres 2024 Meskipun Anaknya Maju sebagai Cawapres

Mayoritas masyarakat Indonesia percaya bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam pemilihan presiden 2024. Keyakinan ini didukung oleh hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Jakarta (LSJ). Hal ini masuk akal mengingat Gibran merupakan putra dari Jokowi sendiri, sehingga wajar jika dia mendukung anaknya.

Direktur Riset LSJ, Fetra Ardianto, mengatakan bahwa mayoritas responden percaya bahwa Jokowi akan memberikan dukungannya kepada Prabowo-Gibran daripada Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Survei ini dilakukan pada tanggal 18-26 Oktober 2023 di 38 provinsi di Indonesia. Populasi yang diambil dalam survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, yang dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling.

Margin of error yang diperoleh sekitar 2,83 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Survei ini menunjukkan hasil terkait dukungan dari Jokowi pada tahun 2024. Hasil survei LSJ kali ini menunjukkan bahwa mayoritas publik, sebesar 66,5 persen responden, percaya bahwa Jokowi kemungkinan akan memberikan dukungan kepada pasangan Prabowo-Gibran.

Sementara itu, 4,7 persen responden mengaku masih bingung atau tidak bisa memastikan dukungan dan penunjukan Jokowi ke arah mana akan diberikan. Fetra juga mengungkap alasan mengapa Jokowi mendukung Prabowo-Gibran di pemilihan demokrasi mendatang.