portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Syaiful Huda dengan penuh keyakinan: ‘AMIN’ akan lolos ke putaran kedua Pilpres 2024

Syaiful Huda dengan penuh keyakinan: ‘AMIN’ akan lolos ke putaran kedua Pilpres 2024

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB, Syaiful Huda, menyatakan keyakinannya bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan masuk dalam putaran kedua Pilpres 2024.

“Saya pastikan pasangan AMIN akan maju dalam putaran kedua,” kata Syaiful usai mengikuti diskusi tentang peran DPR dalam tahapan pemilu setelah pendaftaran calon presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Dia meyakini bahwa Pilpres 2024 yang diikuti oleh tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden akan berlangsung dalam dua putaran.

“Saya kira dalam konteks konfigurasi seperti ini, kita semua sudah bisa membaca bahwa kemungkinan terjadi dua putaran,” ucapnya.

Menurutnya, elektabilitas ketiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024 belum mencapai angka di atas 50 persen.

“Tidak ada lembaga survei yang mengkonfirmasi bahwa ada kandidat tertentu yang memiliki elektabilitas di atas 51 persen. Bahkan masih di bawah 40 persen. Ini berarti persaingan masih ketat, dan distribusi suara juga belum mencapai 51 persen di seluruh provinsi,” tuturnya.

Dengan demikian, dia mengingatkan masyarakat agar mewaspadai adanya upaya intervensi agar Pilpres 2024 hanya dilaksanakan dalam satu putaran.

“Jika dalam masa kampanye dan masa tenang ada agenda yang mendorong agar Pilpres hanya berlangsung dalam satu putaran, hal ini perlu dipertanyakan,” ujarnya.