portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Saya Menko Polhukam, Mahfud MD menyatakan kesiapannya untuk menghadapi Gibran dan menegaskan ultimatum bahwa ia akan bertindak apabila tidak netral.

Saya Menko Polhukam, Mahfud MD menyatakan kesiapannya untuk menghadapi Gibran dan menegaskan ultimatum bahwa ia akan bertindak apabila tidak netral.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Calon Wakil Presiden Mahfud MD siap menghadapi lawan manapun di Pilpres, termasuk putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming.

“Ya siaplah. Siapa pun. Yang senior siap, yang junior juga siap,” kata Mahfud dikutip Senin (23/10/2023).

Saat ditanya apakah tidak khawatir Gibran menggunakan instrumen negara di Pilpres 2024 mengingat dia anak orang nomor satu di Indonesia, Mahfud tidak gentar. Ia menegaskan dirinya juga adalah pejabat negara.

“Saya tidak khawatir. Kalau itu dilakukan, saya kan Menko Polhukam. Ya, saya akan bertindak,” tegasnya.

Ia menekankan, penyelenggara harus netral dalam Pilpres 2024. Oleh karena itu, ia tidak akan segan-segan menindak jika ada yang tidak netral.

“Oleh karena itu, saya mengimbau TNI-Polri, birokrasi ASN harus netral. Jika tidak netral, saya adalah salah satu instrumen untuk menindak ketidaknetralan itu,” ujarnya.

Sementara itu, Gibran resmi ditetapkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai Cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto.

“Kita telah membahas secara final dan sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju,” ujar Prabowo di kediamannya, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Prabowo menegaskan tidak ada yang perlu ditanya lagi mengenai keputusan tersebut. Dia juga menyatakan keputusan tersebut merupakan konsensus dari partai-partai politik dalam KIM.